Demo Mandau(Duri) sebagai Kabupaten

Dua minggu belakang ini, email ke TF All di warnai dengan informasi sebagai berikut :

"All departments be advised that the possibility of another demonstration
occurring tomorrow is quite good so please have all staff report in to
the project by 0630 a.m. We will pass on additional information as it is
received.
Regards, Larry"

dan memang selama dua minggu ini pula Duri di warnai dengan demostrasi untuk membebaskan Kecamatan Mandau (baca Duri) dari kabupaten Bengkalis dan berdiri sendiri menjadi Kabupaten Mandau. Adapun demo yang dilakukan cukup besar2an karena mereka takutnya anarkis kantor Main Office TF sabtu tanggal 7 Juni kemarin sempet di tutup, dan gate 2 Chevron Pacific indonesia pada hari tersebut di tutup total.

Demo yang berlangsung puncak pada tanggal 12 Juni juga di hadiri oleh berbagai partai politik, sebut saja ada PKS, PPP, Partai Demoktrat, Partai Hanura dll…mereka semua turun kejalan naik motor menuju kantor kecamatan Mandau di jalan Sudirman dan berkeliling duri Menggunakan Mobil dan Motor (mayoritas motor mungkin adan ratusan motor yg turun kejalan). Tanggal 12 Juni itu gw sempet lewat Pokok Jengkol tempat mereka semua berkumpul dan memang ramai sekali, sayang waktu itu gak sempet take foto ya…

Seperti yang di beritakan Dumai Pos, aksi ini pun di perkuat oleh hadirnya Forum Perempuan Peduli Perjuangan Kabupaten Mandau (FP3KM) sekitar 300 massa kaum ibu yang rata-rata berusia 30-40 tahun…kutipannya sebagai berikut :

“Disamping melakukan orasi panjang lebar, FP3KM juga menyampaikan pernyataan sikap untuk mendukung perjuangan Kabupaten Mandau. Empat poin pernyataan yang disampaikan, pertama meminta Gubernur Riau segera menerbitkan surat usulan pembentukan Kabupaten Mandau di Provinsi Riau. Kedua, meminta DPRD Provinsi Riau segera mengeluarkan surat keputusan tentang pembentukan Kabupaten Mandau di Propinsi Riau. Ketiga, meminta Mendagri selaku wakil pemerintah untuk mencabut pandangan dan pendapatnya terhadap 16 RUU Inisiatif DPR RI tentang pembentukan daerah otonom baru, khususnya RUU pembentukan Kabupaten Mandau yang disampaikan pada rapat kerja tanggal 15 Februari 2007, selanjutnya sesegera mungkin bersama DPR RI dan DPD RI mengesahkan UU Kabupaten Mandau.

Dan keempat, meminta Presiden RI atau wakil Presiden RI bersama sama DPR RI mengesahkan RUU Kabupaten Mandau menjadi UU dalam masa sidang DPR-RI bulan Maret ini. Apabila keempat tuntutan ini tidak terealisasi atau bahkan Kabupaten Mandau digagalkan, FP3KM berjanji akan melakukan aksi demonstrasi besar-besaran. Pernyataan ini mewakili seluruh kaum perempuan di Kecamatan Mandau yang ingin perubahan yaitu Kabupaten Mandau.”

Sedangkan menurut Metro Riau, Mandau sebagai kaupaten adalah harga mati :

Aksi ini dimaksudkan untuk memberi dukungan pada sidang paripurna DPR yang membahas pengesahan UU Kabupaten Mandau dan Meranti.
Hal ini dikatakan Ketua Dewan Presidium Pembentukan Kabupaten Mandau (DP2KM), Fachruddin Syarif, di Duri, Rabu (12/6). Katanya, dalam sidang paripurna itu, nasib Kabupaten Mandau bakal ditentukan. “Kita telah menyebarkan selebaran yang intinya seruan bergabung bersama-sama turun ke jalan dengan mendesak pemerintah dan DPR bahwa Kabupaten Mandau sudah harga mati bagi warga Mandau,” katanya.
Kapolres Bengkalis, AKBP Anang Revandoko, melalui Wakapolres Bengkalis, Kompol Trunoyudo, saat dihubungi melalui telepon selularnya mengatakan, rencana demo itu belum beritahukan kepada pihaknya. Kendati demikian, katanya, pihaknya akan menurunkan sejumlah personil untuk mengamankan aksi itu. “Yang penting kita mengamankan aset negara di Mandau,” ujarnya.

Ohya…sepanjang pengamatan gw sih demonya berlansung aman2 aja, blom mengarah ke anarkis walaupun TF management menginstruksikan bahwa semua server untuk OSO, Ex-Training dan TF main backupnya di keluarkan dari kantor…hehehehe…agak serem juga pas tanggal 12 Juni kemarin ratusan orang bahkan jumlahnya mencapai seribu berarak2 dan ngumpul di pokok jengkol…

Kenapa semua warga duri pengen kecamatan mandau jadi kabupaten sendiri, dilihat dari pembangunan daerahnya, duri itu cukup pesat mungkin pemerintah daerah bengkalis kurang memperhatikan apresiasi warga mandau. Bayangkan hampir 2tahun gw disini jalanan duri baru beres di kerjain..tadinya…rusaknya parah banget, disini gak ada sarana hiburan bahkan Mandau Town square aja blom jadi2…Padahal Duri itu sangat kaya, menghasilkan jutaan barel minyak bumi. Belum lagi Pekerja disini semuanya di pajak gila2an! semua hasilnya bisa dinikmatin oleh Bengkalis, Kota bengkalisnya bagus banget tapi Duri malah perkembangannya lambat…menurut gw sih itu mungkin salah satu faktornya.

So…kita tunggu saja, apakah demo yg berkelanjutan sampai minggu ini akan berhasil membebaskan Kecamatan Mandau sebagai Kabupaten sendiri atau tidak? Good luck untuk para pejuangnya…setidaknya walaupun mereka tidak berhasil, semoga ada pemerataan pembangunan di Duri.

Leave a comment ?

22 Comments.

  1. tapi kalau demonya anarkis, ngeri juga 🙁

  2. wah bemo lagi bemo lagi,…(eh demo ya)..hi..hi..hi..lagi pada seneng demo ya? makanan apaan sie demo? (mode ngaco is ON)

  3. waduh ngeri juga nih, kok semakin hari-semakin banyak demo ya ? mungkin udah ada benih dari dulu dan kena siram (isu) bbm, sekarang malah meledak 🙁

    Semoga tetap Indonesia satu :d dan Lesatarikan populasi penyu !!!! :d

    salam kenal 🙂

  4. aku setuju mandau sebagai kabupaten sendiri,..
    sangat2 setuju,..

  5. @cecep:sejauh ini gak anarkis kok…semoga tidak!
    @Iis:ya begitulah mbak mungkin terlalu banyak kepentingan disini.
    @penyu:BBM diduri naik dan langkah, aneh kan?padahal kota minyak!
    @bayu:saya juga setuju sebenernya,biar taraf kehidupan orang2 pedalaman disini bisa pada naik.

  6. @ria: nah, begini kan lebih enak dibaca. ntar di improve lagi ya ilmu css-nya 😀

  7. Mandau jadi kabupaten memang layak sekale. Dulu waktu di SMA saya dan kawan-kawan malah bercita-cita Duri Merdeka…
    Saya tunggu postingan lain ttg Duri, salam…

  8. @yose:wait and see aja mas, semoga perubahannya ke arah yg lebih baik

  9. kabupaten mandau? sebuah nama impian sejak saya SMA, kelas dua SMA demo di DPRD dan gubernuran Riau, pas kuliah, sepertinya mahasiswa sangat jarang di libatkan, hanya isu kalangan atas.

  10. aku stuju mandau bebas dari bengkalis karnah bengkalis tuh ngak mempedulikan nasip rakyat mandau.
    buktinya,smenjak masyarakat nuntut bebas dari bengkalis baru si samsurizal ntu memperhatikan mandau,dia membetulkan jalan hangtuah,memberikan tunjangan kepada pns.pokoknya mulai menarik hati masyarakat untuk tidak menuntut bebas..

    memang dasar samsurizal ngak pernah puas…

  11. udah sepatut nya mandau jadi kabupaten… tapi bengkalis gak mau melepas kan nya… karna bengkalis takut kehilangan mandau….. bengkalis gak berguna… memiliki politik jahat…:-w.. gw sebagai putra daerah sangat mendukung mandau kabupaten…… hidup mandau………..:)>-

  12. @dolla:gak isu kok mungkin akan segera realisasi
    @th0:hehehehe klo itu no comment deh
    @ady:mmmm…semoga ada perubahan yg lebih baik

  13. orang bengkalis

    mana bisa , pasti minang2 yg menguasai mandau
    tak boleh jadi kabupaten

  14. kapan Ngajar lagi di amik bu…………………!!!
    Udah lama ga klihatan …………….
    Thanks…………….

  15. waah…orang duri juga mbak???

  16. salam oi tuk para mantan demonstran,,jangan anarkis ya,,

  17. gmna mau jadi kabupaten, kalo putra daerah tidak di ikut serta kan..

  18. setuju sih mandau jadi kabupaten…
    tp kalo bisa didukung jg ama SDM nya!

  19. semoga saja cepat dibentuk mandau jadi kabupaten karena bengkalis tidak layak lagi mengurus mandau

  20. Mudah2an ajh dengan niat baik dan usaha yg baik dapat membuahkan hasil yg baik juga..

  21. kalau belum ada jawaban jadi Mandau kabupaten . . . . . . demo teru u u u u u u s s s s s . . . . . sampai disetujui

  22. stuju kalau mandau jadi kabupaten karena duri udah jadi besar

  23. sgt setuju kec.duri jd kab.mandau..4T APBD kab.bengkalis mrpakan sumbangan terbesarnya dr mandau.coba itu digunakan untuk pembangunan & kemakmuran masyarakat mandau sndiri.slmat berjuang..

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Trackbacks and Pingbacks: