Berbagi Cinta

Siapa sih yang tidak mengenal kata cinta? dari jaman dulu semua orang juga tau apa itu cinta. Bisa disebut juga sebagai kasih sayang atau cinta kasih *padu padan kata cinta :D* tapi kalau katanya si tante wiki cinta itu begini :

Cinta adalah sebuah perasaan yang ingin membagi bersama atau sebuah perasaan afeksi terhadap seseorang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.

Cinta adalah perasaan simpati yang melibatkan emosi yang mendalam. Menurut Erich Fromm, ada empat syarat untuk mewujudkan cinta kasih, yaitu:

  • Pengenalan
  • Tanggung jawab
  • Perhatian
  • Saling menghormati

Nah bagaimana kalau dari semua perhatian dan rasa sayang itu tiba-tiba seseorang berbagi cinta? siapa sih yang mau seseorang yang di cintai berbagi cinta dengan orang lain? pastinya tidak ada yang mau, begitu juga dirikuh…hehehehe..*lebay..lebay* kebayang sakitnya seperti apa, kebayang rasanya bagaimana? sangat amat tidak menyenangkan pastinya akan bulak balik menyetel mp3 nya Audy yang judulnya menangis semalem sambil berurai air mata…hahahaha…*ini pengalaman pribadi sepertinya ๐Ÿ˜› *

Tapi teman-teman tunggu dulu, bukankah cinta itu bisa di defenisikan dengan berbagai macam bentuk? masih menurut tante wiki bahwa Para pakar telah mendefinisikan dan memilah-milah istilah cinta ini yang pengertiannya sangat rumit. Antara lain mereka membedakan:

  • Cinta terhadap keluarga
  • Cinta terhadap teman-teman, atau philia
  • Cinta yang romantis atau juga disebut asmara
  • Cinta yang hanya merupakan hawa nafsu atau cinta eros
  • Cinta sesama atau juga disebut kasih sayang atau agape
  • Cinta dirinya sendiri, yang disebut narsisisme
  • Cinta akan sebuah konsep tertentu
  • Cinta akan negaranya atau patriotisme
  • Cinta akan bangsa atau nasionalisme

Sangat amat luas pengertian cinta dan tentunya kali ini diriku bukan membahas cinta yang menggebu-gebu kepada lawan jenis tapi diriku mau mengajak berbagi cinta terhadap sesama khususnya anak-anak yang oleh takdir diberikan hidup jauh dari orang tua mereka, hidup dimana mereka harus tumbuh tanpa kasih sayang ayah dan bundanya, anak-anak yang hanya bisa hidup dengan bantuan orang-orang yang menyantuni mereka dan bahkan anak-anak yang keberadaannya tidak diinginkan oleh kedua orang tua mereka.

Dengan tema Berbagi cinta itu pulalah yang membawa diriku dan teman-teman kembali ke panti asuhan yang aku ceritakan di postingan terdahulu disini. Kami mengetuk hati teman-teman yang lain untuk menyumbangkan sebagian rezekinya agar mereka bisa ikut bergembira di dalam bulan ramadhan ini dan menyambut lebaran. Alhamdulillah dana yang terkumpul lumayan banyak yaitu Rp.11.222.000 beserta pakaian layak pakai. Hebatnya dana yang kami kumpulkan itu berasal dari berbagai kalangan, ada teman-teman kantor, teman-teman yang berdomisili di jakarta, teman-teman sesama Muslim bahkan yang Non Muslim pun ikut menyumbang dan berpartisipasi.

Panti Asuhan bayi dan Balita Fajar Harapan


Kami berangkat menuju Pekanbaru Sabtu 5 September 2009, subuh sekitar jam 6 pagi kami start dari Duri dan sampai di Pekanbaru sekitar jam setengah 10. Tujuan pertama adalah Hypermart Mall SKA untuk membeli susu, makanan bayi, makanan Balita, makanan ringan serta popok.

Membayar belanjaan di Kasir

Membayar belanjaan di Kasir

Semua belanjaan disusun kedalam beberapa kardus karena menurut pengalaman sebelumnya apabila memakai kantong kresek bisa-bisa ada belanjaan yang tercecer. Selesai membayar kami lalu menuju panti asuhan tersebut dan tidak jadi masuk karena ada kunjungan dari yayasan sekolah. Kami memutuskan untuk berkeliling kota Pekanbaru sejenak lalu kembali kesana sekitar jam 1 siang. Kondisi panti asuhan tersebut tidak banyak berubah dari beberapa bulan yang lalu kami mengunjunginya, mungkin yang berubah anak-anak bayi disana akan lebih besar di banding 4 bulan yang lalu. Setelah melakukan serah terima sumbangan, diriku lalu masuk keruangan bayi ternyata ada 4 bayi yang baru disana dimana ceritanya pun tidak kalah miris dibanding bayi-bayi yang lain..sedih tentunya melihat bayi-bayi mungil itu di box masing-masing. Aku mengendong Aura yang 4 bulan yang lalu adalah bayi termungil sekarang sudah berumur 4 bulan.

IMG_3022 IMG_3026

Berbagi cinta dengan menggendong anak-anak itu

Aura...cantik ya

Aura...cantik ya

Ayo kita foto :)

Ayo kita foto ๐Ÿ™‚

Bercerita dan berdialog dengan mereka

Bercerita dan berdialog dengan mereka

Adit bermain bersama mereka

Adit bermain bersama mereka

Belajar dan bercerita bersama

Belajar dan bercerita bersama

Di depan Rumah kebahagiaan tersebut

Di depan Rumah kebahagiaan tersebut

Karena ini adalah kali kedua kami kesini, maka pengurus panti juga lebih banyak ngobrol bersama kami. Bahkan kami diajak untuk berkeliling ruangan anak-anak tersebut, tempat tidur mereka dan kamar masing-masing. Dari cerita para pengasuh itu pula lah yang mengilhami ceritaku yang berjudul Ali. Semoga kami bisa melakukan kunjungan ke rumah kebahagiaan ini secara berkala dan bisa berbagi cinta dengan anak-anak disana setidaknya dengan mengajak mereka bermain, bercanda dan memberikan bantuan ala kadarnya.

Pondok Pesantren Muhamadiyah (Buka puasa bersama)


Setelah kunjungan ke Panti Asuhan diatas, kami juga mempunyai agenda untuk melaksanakan buka puasa bersama dengan anak-anak pondok pesantren Muhamadiyah tempat ngajarnya Uda Vizon sewaktu di duri dan tempat sekolahnya Mas Afda sewaktu SMP ๐Ÿ™‚ *dunia itu sempit banget sih!!! ๐Ÿ˜€ * menurut Uda Vizon dahulu kala, sewaktu dia masih mengajar disini pondok pesantren ini adalah salah satu sekolah terbaik di Duri karena ada intrik2 dikalangan pengurus jadilah sekarang Pondok Pesantren itu seperti sangat terbelakang dan terasing, terlebih lagi sekarang ini Pondok Pesantren itu di diami oleh anak-anak yang kurang mampu, anak yatim dan anak-anak yatim Piatu.

IMG_3104

hehehe...dimana-mana numpang Narsis semua :D

hehehe...dimana-mana numpang Narsis semua ๐Ÿ˜€

IMG_3108

Aula tempat diadakannya buka puasa bersama

Aula tempat diadakannya buka puasa bersama

Serah terima Sumbangan berupa uang tunai

Serah terima Sumbangan berupa uang tunai

Mari makan bersama-sama

Mari makan bersama-sama

IMG_3141

Teman-teman yang ikutan

Team Putra : Teman-teman yang ikutan

Memberikan Bingkisan berupa AlQuran Kecil, Buku dan peralatan tulis

Memberikan Bingkisan berupa AlQuran Kecil, Buku dan peralatan tulis

Berfoto Bersama

Berfoto Bersama Team Putri

Team Putra

Berfoto bersama Team Putra

Pondok pesantren muhamadiyah ini terletak di tengah hutan sawit yang jauh, untuk mencapainya kita harus melewati hutan karet terlebih dahulu, hutan sawit dan menjelaji jalan tanah yang aku yakin jika hujan turun mobil yang bisa lewat hanya mobil 4WD…hehehehe…mungkin sebuah pondok pesantren memang sebaiknya berada di tengah hutan seperti itu agar murid-muridnya bisa lebih focus belajar.

**********

Apabila ada teman-teman yang ingin ikut berpartisipasi
untuk kunjungan ke panti asuhan selanjutnya 3 bulan lagi
kirim email ke [email protected] ya…

**********

“Kebahagiaan itu akan datang dengan sendirinya ketika kita mengulurkan tangan membatu sesama yang membutuhkan dengan harta, pikiran dan perbuatan”

Mari berbagi cinta dengan anak-anak tersebut ๐Ÿ™‚


Leave a comment ?

48 Comments.

  1. Salut….
    Aku benar salut atas kontinuitas kamu dan teman-teman untuk membantu Panti Asuhan itu. Karena tentu saja mereka membutuhkan dana, tapi… yang sering dilupa, mereka butuh CINTA. Ah… aku ingin sekali bisa pergi ke sana dan bermain dengan anak-anak itu.

    TFS ya Ri, semoga kegiatan ini bisa terus dilanjutkan.

    EM

  2. Ria, kamu dan temen temen telah melakukan perbuatan mulia dengan menyantuni anak yatim.

    Semoga pahalanya dilipatgandakan Allah SWT.
    Amin.

  3. Berbagi cinta untuk mereka yang kurang beruntung …

    Ah indah nya Ri …

    And BTW …
    Kamu kelihatan kurusan Ri ???
    Apa karena rambut kamu semakin panjang ??
    ๐Ÿ™‚
    (gua yakin si Ria langsung ngaca nih …)(hayooo ngaku aja …)

    Salam saya

    • Indah banget Om…apalagi bermain bersama mereka…

      aku kurasan memang…turun 5 Kilo *bangga! padahal masih harus turun 5 kilo lagi…huhahahah*
      dan ohya aku gak ngaca tapi aku senyum2 senang ๐Ÿ˜€

  4. gw pengen dibagi cinta… maklum… kolektor cinta nih ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

  5. beberapa paragraf awal bersifat menjebak ๐Ÿ˜€

    sisanya, seperti biasa. itu sudah bawaan kamu yang suka berbagi dengan sesama. peduli dengan orang lain walau kamu sendiri sibuk dan banyak hal yang harus diurus. tapi tetep, kamu selalu bisa menyempatkan waktu dan semuanya utk mereka.

    salut ๐Ÿ˜€

  6. salut sama ria, jadi ngiri. semoga tetap semangat berbagi cinta….

  7. Kamu hebad, Ria.
    Konsisten dengan niatnya. Mudah2an semakin banyak rejeki kembali kepadamu karena sudah berbagi ya say.
    Sedih juga melihat banyak bayi kecil yg terlantar. Rata-2 karena dititipkan ortunya atau ada yg digeletakin begitu saja di depan pintu kyk di film2 barat gt?

  8. Wah, Ria..
    Kamu udah pantes nggendhong anak ๐Ÿ˜‰
    Salut!

  9. betapa indahnya suasana saling berbagi yang dilandasi oleh cinta….*kagum*

    semoga kita selalu di tuntu menuju cinta dan ridhonya amien…

  10. salut buat mbak ria dan kawanยฒ…semoga akan selalu berbagi cintanya dg “mereka” yg membutuhkan ya mbak ….amin

    salam, ^_^

  11. semoga akan lebih membuat kita sadar dan selalu mensyukuri apa yg sdh kita miliki…krn masih byk yg tidak seberuntung kita..ya kan mbak..??

  12. Kegiatan yang patut dicontoh untuk Blogger lainnya.
    SAlam hangat dan penuh cinta…

  13. Cinta memiliki arti yang universal….
    Siapa lagi yang peduli dengan anak-anak yang kurang beruntung, kalo tidak kita semua…
    salam cinta kasih antar sesama…

  14. kalo punya lebih ga ada salahnya sharing,,,,
    inspiring bgt jeng,,

  15. alhamdulillah.. telah berbagi dalam jalan Ilahi…. semoga semua dibalas dengan berlipat… amin…….

  16. Benar-benar berbagi Cinta….
    SALUT
    ๐Ÿ™‚

  17. Terharu..
    cinta itu memang dibagi dan tak akan pernah habis.
    Terus konsisten ya Ri…

  18. Mangstap !

    Mau ngusul ama Pak Beye, Mbak Ria jadi mensos saja ๐Ÿ˜›

    Btw, that’s lovely place of mine ๐Ÿ™‚ Thanks untuk nampilin di postingannya!

    Pokoknya salut dah !

  19. Gw inget dulu mampir kesini gara2 postingan ubuntu.. Gmana ubuntunya? Gak mau nyobain Slackware?

    Keren oi acara ramadhannya… kalo saya tau, bisa sumbang2 dikit nih…

  20. greeeaattt!!! salut ama perjuangan n pengorbanan..
    cinta gak akan bisa mengalahkan apapun…
    cinta slamanya akan menyala dengan terang benderaaang

  21. wah……pengalaman yang seru sista!!!!!!
    aura lucu ya sista….

  22. Salam kenal, Ria…
    aku baca postingan ini jadi ikut terharu…salut untuk usaha kalian berbagi cinta dengan meeka yang kurang beruntung..

    salam,
    nana

  23. Salut salut…
    Cinta yang begini inilah, cinta yang akan membawa kita pada Cinta yang sesungguhnya.
    Salam

  24. Blogger penuh cinta..lewat blogmu aku belajar memahami cinta

  25. Memberikan langsung memang memiliki pesona yang lain dari pada melalui perantara seperti amil.

    nyang pake kaca mata kok mirip unidede ya…

  26. Subhanallah

    Benar, kita semua butuh cinta
    Semoga

  27. Memberikan langsung memang memiliki pesona yang lain dari pada melalui perantara seperti amil.

    nyang pake kaca mata kok mirip unidede ya…;

  28. wahh rame gitu yah… seru sepertinya
    salam,

  29. Wah, cantik2 N cakep2 ya bayinya…
    Imut…
    Kasian deh, sapa yang tega menelantarkan mereka… ๐Ÿ™

  30. hebat deh cara berbagi cintanya

  31. Turut mengucapkan Selamat hari raya idul fitri 1430 H
    Minal aidin wal faizin ..
    mohon maaf lahir dan bathin..

  32. Sahabatku Ria. Senang melihat limpahan cinta dan kasih sayang yang terbagi pada mereka yang memerlukan uluran tangan kita..

    Selamat IDUL FITRI 1430H. Taqobalallahu minnaa wa minkum Shiyamanaa wa shiyamakum Minal โ€˜aidin wal faizin, Mohon maaf lahir dan batin…

    Mudik ke Jakarta gak Ri..??

  33. Senang mendengarkan ceritamu disini Ria.
    Anak-anak itu tak sekedar membutuhkan uang, namun juga memerlukan perhatian dan kasih sayang

  34. wow… indah sekali bisa berbagi cinta

    smoga kunjungan Ria & teman-teman bisa memberikan kekuatan bagi mereka yang kurang beruntung

    Selamat Idul Fitri,

    mohon maaf lahir dan batin

    salam,

  35. Ria… sorry banget aku baru bisa baca postingan ini sekarang….

    Jujur, melihat gambar-gambar di Pesantren Muhammadiyah, ada sesuatu yang bergemuruh di dadaku ini. Berbagai macam perasaan berkumpul jadi satu; marah, sedih, bangga…. dan entah apa lagi… (you know the story)

    Yah… semoga kunjunganmu itu memberi sedikit oksigen bagi mereka..

    oya, dulu aku sering jalan kaki menuju atau keluar pondok itu… kebayang gak? hehehe… ๐Ÿ˜€

  36. Cinta jangan dipandang sebelah mata Nte R14, seperti Avatar Tante ( mata sebelah apa sebelah mata?),,, gak jadi lebaran k rmh Daffa ya?

  37. Two thumbs up !
    Salut, ketika banyak yang tidak ingat dengan keadaan mereka, kita masih diketuk hati untuk melakukannya. Great story.

  38. wuihhhh luar biasa!!!!
    salut mbak…berbagi cinta, berbagi senyum, berbagi kebahagiaan, sama artinya berbagi makna kehidupan yang sebenarnya

  39. Kayaknya rie kelebihan cinta nie ๐Ÿ™‚

  40. yah si gembil gak pake kerudung
    ๐Ÿ˜›

  41. T.O.P M.A.R.K.O.T.O.P !
    G.U.D M.A.R.S.O.G.U.D !

    S.A.L.U.T !!!
    S.P.E.E.C.H.L.E.S.S !!!

  42. Duhai Gembil, betapa indah kegiatanmu!

  43. Ria : thanks mas Dan…dan panggilanmu itu loch! ๐Ÿ˜› iya iya aku memang gembil…hahahahaha ๐Ÿ˜€
Reply
  • Salut sama Ria dan teman2 yang terus berbagi cinta..

    Aura lucu banget ya Ri.. jadi pengen ikutan gendong ๐Ÿ™‚

    Ria : lucu banget mbak…kapan2 kesini tak ajakin liat deh ๐Ÿ˜‰

  • berikanlah mereka yang terbaik, berbagi sesuaikemampuan

  • Leave a Comment


    NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

    Trackbacks and Pingbacks: