Batas Kemampuan Manusia

Picture taken from here

Lama menghilang tiba-tiba bikin tulisan judulnya berat banget ya hehehehehe…kalau gitu ngucapin salam dulu deh sama semuanya apa kabar blogku, apa kabar temen-temen blogerku dan apa kabar dunia maya? 😀 Maaf ya sempat gak menulis sebulanan dan kali ini gak pakai alesan karena alesannya itu…itu aja hehehehe…

Oke…masuk ketopiknya, tulisan kali ini terinspirasi dari majalah National Geographic, Tulisan ini Aku ambil dari sana dan menurutku menarik kenapa? karena setiap manusia punya batasan dalam melakukan apapun *tidak ada manusia yang bisa benar-benar super*.  Memang sih kalau berbicara mengenai kemampuan special yang diberikan Tuhan apa yang terpapar tidak akan berarti  tetapi batas kemampuan manusia yang ada dalam postingan ini dilihat dari segi ilmu pengetahuan dan penelitian manusia seperti yang ditulis oleh Shelley Sperry dalam rubrik kesehatan di Nasional Geographic berikut :

Tentang suhu

  1. Panas tubuh, pada saat tubuh inti mencapai 42° C  paparan panas yang terlalu kuat sudah tidak bisa ditoleransi lagi.
  2. Air dingin, dilaut yang bersuhu 4° C Anda hanya dapat bertahan hidup sampai 30 Menit
  3. Maksimum manusia bisa berada pada Udara Panas maksimum 150° C *dengan pelindung ala kadarnya*, ditengah kebakaran orang dewasa bisa bertahan sampai dengan 10 menit dan anak-anak tidak akan tahan hidup pada suhu 50° C.

Kesadaran Manusia

  1. Pada ketinggian 4.500 m, orang biasa akan kehilangan kesadaran tetapi penduduk yang terbiasa bermukin didaerah tersebut tidak.
  2. Batas maksimum menyelam 86 M, Tanpa peralatan manusia biasanya kehilangan kesadaran dalam waktu tak sampai dua menit atau saat dikedalaman lebih dari 18 M.
  3. Kekurangan Oksigen, Manusia normal akan pingsan sebelum 2 Menit tetapi jika Anda membiasakan berlatih maksimum menahan nafas biasanya hanya sampai 11 Menit.

Kebutuhan Manusia

  1. Darah, Anda masih bisa bertahan jika kehilangan darah 30% jika sudah 40% harus segera ditransfusi.
  2. Kelaparan, Manusia bisa bertahan sampai dengan 45 hari tidak mengkomsumsi apapun. Ajal menjelang jika kita kehilangan 30% bobot tubuh, tetapi penyakit biasanya akan mendahului membunuh terlebih dahulu.
  3. Dehidrasi, Manusia bertahan tidak minum sampai dengan 7 hari setelah 7 hari maka tubuh akan kering dan tidak memiliki cairan sama sekali.

Semua batasan kemampuan hidup manusia diatas didapat lewat beberapa penelitian, walaupun mungkin dibeberapa kasus yang istimewa terkadang ada yang bisa melampaui batasan tersebut. Kejadian istimewa inilah yang mungkin disebut sebagian dari Kita adalah mujizat dari Tuhan dan karena keterbatasan itu pula setiap manusia harus bersyukur bahwa dia diciptakan penuh kelebihan dan harus menyusukurinya sebelum dihadapkan pada keterbatasannya.

Contoh Kejadian Nyata

Seorang perempuan berusia 64 tahun asal Duluth, Minnesota (AS) Jatuh diatas es pada December 2008 karena radang sendi. Berjam-jam terpaksa dia harus berbaring di salju. Suhu tubuhnya turun hingga 21° Celcius dan jantungnya berhenti berdetak. Namun ketika ditemukan Dokter berhasil menyelematkannya.

Mungkin sebuah nyawa anugerah Tuhan hanya bisa diselamatkan atas kehendaknya namun Ilmu kedokteran tidak pernah berhenti untuk mempelajari batas kemampuan manusia untuk bertahan hidup. Meskipun begitu seperti diungkapkan ahli fisika dari Universitas Duke, Claude Piantadosi  sebagai berikut:

“Menyelamatkan nyawa adalah mustahil pada suatu titik tertentu”

Buat Kamu semua, pernah mengalami lebih dari batas maksimum kemampuan rata2 manusia menurut penelitian tersebut? ohya ada yang tau maksimum batas kemampuan manusia dalam mengendalikan stress? 😀 *Karena yang nulis sedang stress dan dengan tulisan ini bisa curhat colongan…hahahahahaha*

Leave a comment ?

35 Comments.

  1. manusia memang memiliki banyak keterbatasan… jadi tdk boleh sombong….

  2. (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
    Tubuh mansia itu rapuh dan sangat terbatas kemampuannya. Namun dengan semangat yang membara terkadang batas-batas itu bisa berubah mencengangkan.

  3. Saya manusia biasa …
    dan saya tidak tau apakah saya bisa melampaui batas kemampuan rata-rata …
    Bagi saya yang penting adalah … menggunakan kemampuan di batas rata-rata itu dengan sebaik-baiknya

    salam saya Ri

  4. hehehe saya lebih serius pada paragraf terakhir 😀

    Batas stress tergantung orangnya sih, ada baiknya berhenti sejenak, kemudian ketika sudah siap.. balik lagi 😀 hehe

  5. jelas ada batasnya.
    dan sepertinya aku sudah beberapa kali “mepet” pada batas itu…. 🙂

    EM

  6. Kalo saya paling gak kuat jika berhadapan dengan masalah suhu. Saya paling gak tahan jika suhu rendah (dingin), jangankan sampai mencapai batas seperti yg ditulis di atas, bahkan jauh dari batas itupun sy dah ampun-ampunan.

    Kalo soal stress, manusia memiliki kemampuan yang berbeda-beda, namun inti pengendalian diri dari stress adalah iman yang kuat.

    Salam dari Kota Daeng

  7. berusaha dulu dengan segala daya yang ada ya Ri, dan bila sudah sampai batasnya kita pasrahkan sama YANG MAHA memiliki DAYA

    tapi seringnya Bundo lupa minta tolong
    malah menyalahkan diri yang tak mampu
    **ternyata sombong dan rendah diri itu beda tipis

    ikutan curcooolll 😀

  8. “Kelaparan, Manusia bisa bertahan sampai dengan 45 hari tidak mengkomsumsi apapun. Ajal menjelang jika kita kehilangan 30% bobot tubuh, tetapi penyakit biasanya akan mendahului membunuh terlebih dahulu.”

    So…punya cadangan berapa kilo Ria? 😉

  9. Riaaaaa I miss Youuuuu…..
    *udah, gitu aja* 😀

  10. Ga kebayang klo tubuh kita susut higga tinggal 30%, berarti bb-ku beda tipis dong dgn ponakan hehhee…
    Membaca tulisanmu bikin sadar, betapa kita manusia selalu ada batas dlm apapun, jd hrs menjaga kesehatan dgn baik.
    Eniwei, ga heran ya klo banyak korban yg jatuh ke Danau Toba jd tenggelam, soalnya airnya kan sedingin air es.

  11. batasan mengendalikan stress?
    kayaknya relatif ri

    ehh stress knp?
    crta2 donk
    via japri :p

  12. Aku malah melihat dari keterbatasan yang ada justru tergambar betapa besar dan agungnya Tuhan yang mencipta manusia ya, Dik!

  13. istirahat sebentar dulu, mbak. InsyaAllah stressnya akan hilang 🙂 met berteman dengan stres he..he..

  14. Wow… sebulan ga ngeblog, apakah sedang panjat tali diatas gunung Mbak? 😛

  15. Karena aku bukan manusia super, maka aku belum pernah mengalami sesuatu yang di luar batas kemampuan manusia.

    Mau tau obat stres yang gampang…?
    Sering-sering BW, suasana hati dan pikiran akan tercerahkan. Stres biasanya terjadi karena pikiran kita terfokus ada satu persoalan saja, tidak ada variasi dalam hidup… Gak percaya? coba saja berkunjung ke blogku sekarang, hahaha…. 😀

  16. batas stresku kalau kepalaku rasaya udah mau pecah. dan kalau orang-orang disekitarku udah tanya ‘kamu kenapa?’ tandanya saya udah stres…..

    obatnya sih cukup dengan have fun atau tidur aja…

  17. dan batas terakhir pada kematiannya…

  18. Kemarin baru berkunjung ke sebuah danau namanya Lake Wakatipu di New Zealand. Katanya air nya bisa sampai suhu 5 derajat, nyebur 5 menit saja sudah bisa hipothermia…. Bener tuh, manusia pasti ada batasnya

  19. batas stress?
    saya tidak tahu bagaimana rumusan nya.. apakah ada parameternya ataupun variabel yg mempengaruhinya…

  20. aku belom pernah mengalami batas kemampuan dari hasil penelitian diatas mbak..
    batas stress???hmm…apa ya??? *mikir

  21. hii… ngeri ya … nggak kebayang dengan dinginnya..
    jadi keinget adegan titanic ketika Di Caprio mulai nggak sadar dan tenggelem di laut…

    anyway.. kok hiatus lagi Ri? 🙂

  22. batas kmampuan mngendalikan stress? wah apa mgkn batasnya ya saat syaraf kendalinya putus alias nge-hang or crazy ya mb?
    duh fotonya asli serem bgt mb. rasa2 mo ikut jatoh

    salam knal dr sy mb ria,

    mohon do’a jg atas kabar duka di http://kakmila.wordpress.com/2011/01/04/semangat-sembuh-untuk-sausan/

  23. Gue pernah kekurangan oksigen karena daki gunung ke tempat tinggi ri.. 😐
    Lsg pingsan untungnya ada temen yg gendong lalu dihangatin di perapian 😀 puji Tuhan msh bernafas dan ketemu elu lagi Ri 😀

    Stress?
    Yukz, mari liburan 😀
    eh baru balik liburan ya hehehe

  24. Sahabat tercinta,
    Dengan hormat saya mengundang sahabat untuk mengikuti Kontes Unggulan Cermin Berhikmah (K.U.C.B).
    Sahabat hanya diminta untuk menulis sebuah cerita fiksi mini dan menuliskan hikmah atau pelajaran yang dapat dipetik dari cerita yang telah anda tulis. Setelah itu daftarkan artikel tersebut diblog saya – New BlogCamp –

    Hadiahnya sih tidak seberapa tetapi begitu selesai mendaftarkan artikel, anda akan merasakan suatu sensasi yang membahagiakan karena telah mampu menulis suatu artikel yang lain dari biasanya.
    Jika berminat silahkan klik :
    http://newblogcamp.com/kontes/kontes-unggulan-cermin-berhikmah

    Terima kasih
    salam hangat dari Surabaya

  25. Betul itu mbak Ria, Memang tubuh manusia itu mempunyai batas kemampuan, biasanya ada sinyal-sinyal yg memberitahukan kepada diri kita dari dlm diri kita sendiri.

    Kalau tubuh ku saat ini sudah sampai batas Masa GARANSI……ni…Mbak…..

    Kalau Mbak Ria Stres itu artinya hampir sampai batas kemampuan,
    makanya jangan stres ya…

  26. Dan
    Batas manusia satu dan lainnya sangat berbeda….
    Saya manusia biasa dengan segala keterbatasannya

  27. ..
    apa khabar Mbak Ria..
    thanks infonya, jadi nambah pengetahuan baru.. ;)
    ..
    soal limit tubuh aku pernah demam sampek pembuluh darah di hidung pecah..asli bikin panik..
    semoga aja gak kejadian lagi..
    ..

  28. Manusia memang memiliki batas kemampuan, dan menurutku setiap manusia batas kemampuannya berbeda-beda juga.
    semua anugran Allah SWT,
    Bali Villas Bali Villa

  29. Tentang tubuh ya Ri.. yang aku tahu jaringan otak akan mati jika 5 menit gak dapat oksigen.. kalo ketinggian, air, makanan dsb bisa relatif, oksigen tidak..

    kalo batas stress.. ahh Ri..itu cuma butuh waktu.. :)

  30. waaahh..saya pernah kecelakaan motor… jatuh terguling-guling..
    temen saya memar-memar dan patah tulang. tapi say abaik-baik saja..cuma lecet di telapak tangan.
    jadi itu kemapuan atau keberuntungan??
    hehheheh

    btw lam kenal

  31. gambarnx keren bgt:)>-

  32. yups, memank manusia punya batasan dlm melakukan sesuatu, klo diterusin tar bsa stress,,,,

  33. sangat meanarik klau artikel linux ru perdlm bisa tmbah wat sharing ilmu IT

  34. hehehe lucu mbak ria..
    salam kenal yah.. :) 😛

Reply to zee ¬
Cancel reply


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>